which is more important for your organization?


ShoutMix chat widget

big or small,which is much better?

Dalam suatu pembicaraan dengan dosen saya muncul pembicaraan mengenai hubungan antara organisasi dengan konsumen atau klien .Dalam beberapa kasus,,terutama konsultan organisasi, pelayanan atau hasil solusi yang diberikan organisasi kurang mendalam. hasilnya hanya sebatas tampak luar, sehingga implementasi atas hasil tersebut tidak jelas wujudnya.. Hal ini disebabkan oleh ukuran organisasi yang semakin besar sehingga menyebabkan semakin banyak karyawan formalisasi dan prosedur yang semakin ribet sehingga kurang memperhatikan kesempurnaan  dan kelengkapan informasi soal solusi yang diberikan . Menurut dosen saya tersebut lebih baik sebuah organisasi konsultan beukuran kecil, yaitu dalam artian jumlah pekerja sedikit namun berbentuk learning organization. sehingga proyek yang dilaksanakan lebih sedikit namun mendalam dan lengkap.
organizational stages of life cycle development (Daft)

    1. Entrepreneurial stage
    2. Collectivity stage-develop clear goals and direction
    3. Formalization stage-instalation of rules,procedures and control system
    4. Elaboration stage – development of teamwork
Saat organisasi mencapai besar, terutama mencapai tahap formalisasi maka akan sulit untuk memperoleh hubungan yang dengan klien. pembentukan hubungan yang terjalin kurang mendalam dikarenakan banyaknya klien dan prosedur – prosedur yang ada di dalamnya.
 Jadi,,menurut anda apakah sebuah organisasi konsultan memang lebih baik berukurab kecil namun mendalam atau besar namun berkembangan lebih pesat?? 


Ling live the travelling RED BAG!!



0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Click to view my Personality Profile page

Cari Blog Ini